Seorang warga melintas di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Selasa (30/1/2018). (Harian Jogja/Irwan A. Syambudi) Caption : Seorang warga melintas di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Selasa (30/1/2018). (Harian Jogja/Irwan A. Syambudi)
Rabu, 31 Januari 2018 12:20 WIB Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Enam Partai di Sleman Diverifikasi di Hari Pertama

Verifikasi faktual berlangsung tiga hari

Jatengpos.com, SLEMAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman mulai melakukan verifikasi faktual untuk seluruh partai politik (Parpol) peserta pemilihan umum (Pemilu) 2019. Pada hari pertama enam partai langsung diverifikasi.

Komisioner KPU Sleman Divisi Hukum, Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Imanda Yulianto mengatakan, verifikasi faktual akan berlangsung mulai Selasa (30/1/2018) hingga Kamis (1/2/2018). “Pada hari pertama ada enam parpol, pagi hingga siang PDI Perjuangn, Nasdem, Demokrat, selanjutnya pada siang hingga sore lanjut PKB, Gerindra, Perindo,” kata dia Selasa.

Verifikasi akan dilakukan terhadap 15 parpol yang telah mendaftar. Pada hari pertama dan kedua verifikasi akan dilakukan terhadap masing-masing enam partai, sementara pada hari terakhir dilakukan verifikasi terhadap tiga partai. Dengan hanya tiga partai di hari terakhir, KPU berharap memiliki cukup waktu untuk menyusun laporan.

Terlebih, seluruh sumber daya manusia (SDM) yang ada di KPU semuanya telah dikerahkan untuk melakukan verifikasi, sehingga butuh waktu dan energi untuk menyusun laporan. Tercatat untuk melakukan verifikasi KPU menerjunkan tiga tim, setiap satu tim terdiri dari delapan orang. Dan per hari setiap tim bertugas untuk melakukan verifikasi sebanyak dua parpol.

Tim verifikasi bakal melakukan pemeriksaan meliputi empat hal, yakni kecocokan kepengurusan antara di surat keputusan partai dengan kondisi nyata, domisili kantor parpol, dan keanggotaan parpol dengan sampel 5%. Selain itu, dalam verifikasi juga bakal menilik terkait keterwakilan pengurus perempuan di partai yang minimal harus 30%.

“Dari tiga parpol [PDI, Nasdem, dan Demokrat] yang sudah kami verifikasi tidak ada masalah, keterwakilan perempuan sudah memenuhi. Sementara, sampel keanggotaan saat diverifikasi yang kurang dari 5%, maka kekurangannya kami minta untuk didatangkan ke KPU,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Sleman Ibnu Darpito mengatakan, berdasarkan pemantauannya proses verifikasi pada hari pertama telah berjalan lancar. Parpol diketahui telah memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan. “Hari pertama ini lancar, tadi semuanya klir tidak ada masalah. Jika masih ada kekurangan maka akan diberikan waktu untuk melengkapai pada 3-5 Februari mendatang,” kata dia.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply