Suasana pelantikan pejabat di lingkup Pemkab Gunungkidul di Bangsal Sewokoprojo, Selasa (30/1/2018). (Harian Jogja/David Kurniawan) Caption : Suasana pelantikan pejabat di lingkup Pemkab Gunungkidul di Bangsal Sewokoprojo, Selasa (30/1/2018). (Harian Jogja/David Kurniawan)
Rabu, 31 Januari 2018 13:55 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Tak Ada Kejutan Dalam Lelang Jabatan di Gunungkidul

118 pejabat dilantik Bupati Gunungkidul

Jatengpos.com, GUNUNGKIDUL-Bupati Gunungkidul Badingah melantik 118 pejabat di lingkup Pemkab Gunungkidul untuk menduduki jabatan baru. Dari jumlah itu, terdapat empat pejabat yang dilantik berdasarkan hasil lelang jabatan yang dibuka di akhir tahun lalu.

Pelantikan empat pejabat pimpinan tinggi pratama dari hasi lelang tidak ada yang mengejutkan. Sekretaris Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Asti Wijayanti dipilih sebagai Kepala Dinas Pariwisata; Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Ali Ridlo menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Inspektur Pembantu Bidang Pemerintahan Umum Saptoyo dipilih sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum Politik. Sementara, Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD Agus Hartadi didaulat sebagai Sekretaris DPRD.

Keempat pejabat yang terpilih merupakan nama-nama yang dijagokan sejak awal. Bahkan, beberapa hari sebelum pelantikan nama-nama yang terpilih sudah muncul ke publik sebagai pemenang lelang. Ketua DPRD Gunungkidul Suharno saat dimintai komentar tentang hasil lelang jabatan yang sudah sesuai prediksi awal mengaku tidak ikut campur. Ini lantaran kewenangan pemilihan merupakan kewenangan dan hak mutlak dari bupati. “Itu ranahnya eksekutif dan pemilihan merupakan hak dari bupati,” katanya kepada wartawan, Selasa (30/1/2018).

Menurut dia, hasil dari lelang jabatan tidak perlu lagi diperdebatkan. Namun yang terpenting, pejabat baru dapat bekerja dengan baik untuk mendukung bupati dalam mewujudkan visi misi yang dimiliki. “Semua harus segera menyesuaikan di tempat kerja yang baru sehingga kinerjanya bisa langsung padu sesuai dengan ketugasan yang dimiliki,” ujar politikus PDI Perjuangan ini.

Bupati Gunungkidul Badingah dalam sambutannya mengatakan, ada 118 pejabat yang dilantik dalam penataan pejabat di lingkup pemkab. Menurut dia, mutasi dan promosi dalam sebuah jabatan merupakan hal yang lumrah terjadi dan yang terpenting dapat meingkatkan kinerja. “Penataan ini sebagai bentuk penyegaran dan bisa terjadi pada seluruh pegawai,” katanya.

Badingah menekankan, pejabat yang masuk dalam gerbong penataan segera melakukan adaptasi di lingkungan baru sehingga dapat bekerja sesuai dengan ketugasan yang dimiliki. “Yang jelas harus bekerja dengan professional dan penuh semangat agar target-target yang direncanakan dapat terpenuhi,” ujar dia.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply