Warga mendatangi Balai Desa Ngringo, Jaten, Karanganyar, Rabu (28/2/2018), memprotes seleksi kadus. (Ponco Suseno/JIBI/Solopos) Caption : Warga mendatangi Balai Desa Ngringo, Jaten, Karanganyar, Rabu (28/2/2018), memprotes seleksi kadus. (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)
Rabu, 28 Februari 2018 20:35 WIB Ponco Suseno/JIBI/Solopos Karanganyar Share :

Ogah Dipimpin Kadus dari Luar Wilayah, Warga Ngringo Karanganyar Ancam Demo 

Warga Ngringo, Jaten, Karanganyar, menolak hasil seleksi perangkat desa yang meloloskan kadus dari luar wilayah.

Jatengpos.com, KARANGANYAR — Warga RW 005, Dusun Karangrejo, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Karanganyar, menolak hasil seleksi pengisian jabatan kepala dusun (kadus) untuk wilayah mereka. Hal itu karena kadus yang lolos seleksi bukan dari Ngringo dan tidak berdomisili di wilayah bersangkutan.

Warga berencana menggelar aksi unjuk rasa saat kadus yang lolos seleksi itu dilantik, Kamis (1/3/2018) ini. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, Pemerintah Desa (Pemdes) Ngringo menggelar seleksi pengisian kadus di RW 005, Karangrejo, Rabu (21/2/2018).

Seleksi pengisian kadus meliputi seleksi berkas administrasi, seleksi tertulis, dan wawancara. Panitia penyelenggara pengisian kadus menggandeng pihak ketiga, yakni akademisi Universitas Surakarta (Unsa).

Seleksi wawancara diikuti tiga peserta, yakni Ika, Intan, dan S. Wibowo. Hasil dari penilaian tes yang dilakukan, panitia penyelenggara pengisian kadus di Ngringo memutuskan S. Wibowo memperoleh nilai tertinggi sehingga terpilih sebagai kadus RW 005 menggantikan Temon yang sudah pensiun.

Baca:

Sesuai rencana, Camat Jaten, Aji Pratama Heru K., akan melantik kadus terpilih di Balai Desa Ngringo, Kamis pagi. “Kami menolak keras hasil itu. Calon kadus itu aslinya dari Sragen. Bukan orang sini. Padahal, orang sini ada yang mendaftarkan diri. Kenapa kok yang diloloskan yang dari luar daerah,” kata perwakilan warga di RW 005, Gino Bromo, saat ditemui Solopos.com di Ngringo, Rabu.

Gino Bromo mengatakan warga RW 005 bakal menggelar aksi demonstrasi saat berlangsung pelantikan kadus terppilih di Balai Desa Ngringo, Kamis. Aksi demonstrasi sebagai ungkapan kekecewaan warga terhadap hasil seleksi pengisian kadus.

“Besok [hari ini], kami akan menggelar aksi besar-besaran kalau kadus terpilih tetap dilantik,” katanya .

Kepala Desa (Kades) Ngringo, Sardiman, mengatakan seleksi pengisian kadus di desanya sudah berjalan sesuai prosedur. “Semua sudah berdasarkan perda [Perda No. 4/2017 tentang Perubahan Perda No. 16/2015 tentang Pengisian Perangkat Desa (Perdes)]. Tanyakan saja ke panitia penyelenggara,” katanya.

Anggota panitia penyelenggara pengisian kadus di RW 005 Ngringo, Mujiyono, mengatakan tidak ada pelanggaran peraturan sepanjang seleksi pengisian kadus di RW 005 berlangsung.

“Semuanya sudah klir. Tadi juga sudah saya jelaskan ke warga yang datang ke sini [balai desa]. Warga menganggap orang lain [orang di luar Desa Ngringo] tidak bisa mengikuti seleksi pengisian perda. Padahal, di perda yang baru 2017, semua Warga Negara Indonesia diperbolehkan mengikuti seleksi itu. Seleksi itu juga melibatkan pihak ketiga dari dunia pendidikan. Makanya, kami pun mengawasi setiap tahapan. Hasilnya, semuanya berjalan lancar dan tak ada masalah,” katanya.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply