Papan pemberitahuan tentang adanya fasilitas Wifi gratis di Taman Borobudur, Kembangarum, Semarang Barat, Kota Semarang, Jateng. (Facebook.com-Ar Dhy Bimmers) Caption : Ilustrasi papan pemberitahuan tentang adanya fasilitas Wifi gratis di Taman Borobudur, Kembangarum, Semarang Barat, Kota Semarang, Jateng. (Facebook.com-Ar Dhy Bimmers)
Kamis, 29 Maret 2018 00:00 WIB Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/SOLOPOS Klaten Share :

Asyik, 10 Lokasi di Klaten ini Dipasangi Fasilitas Wifi Gratis

Ada 10 lokasi gratis wifi di Klaten.

Jatengpos.com, KLATEN–Jumlah kawasan wifi gratis di Klaten bertambah tahun ini. Setidaknya kini tolat ada 10 lokasi di Klaten yang didukung dengan fasilitas ini.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten, Endro Susilo, mengatakan lima kawasan wifi gratis dipasang pada 2018. Kawasan itu diantaranya Taman Nartosabdo di Desa Pandes, Kecamatan Wedi serta Pendopo Kompleks Makam Sunan Pandanaran, Desa Paseban, Kecamatan Bayat.

“Sudah ada lima lokasi wifi gratis tahun lalu. Tahun ini tambah lima lokasi lagi. Sudah dipasang,” kata dia saat ditemui di Monumen Juang 45, Rabu (28/3/2018). (baca juga: AKSES INTERNET : Kabar Gembira, Pemkab Klaten Siapkan Wifi Gratis di 104 Lokasi

Endro menuturkan pemasangan perangkat wifi di lokasi publik merupakan hasil kerja sama dengan PT Telkom. Ia mempersilakan jika ada tempat publik di kawasan desa wisata yang ingin difasilitasi pemasangan perangkat wifi gratis.

“Silakan mengajukan ke kami. Namun, syaratnya kawasan itu sudah terakses kabel FO [fiber optic],” kata dia.

Masing-masing perangkat yang dipasang berkapasitas rata-rata 10 MBps. Satu titik wifi gratis bisa diakses hingga 50 pengguna dengan radius hingga 200 meter.

Endro menuturkan selama ini pengguna fasilitas wifi gratis di 10 kawasan tersebut kerap penuh.

“Terus terang memang informasi dari masyarakat banyak yang menyampaikan tidak terakses. Secara teknis sebenarnya pengguna sudah penuh. Ini yang nanti kami coba atur penggunaannya,” urai dia.

Pengaturan yang dimaksud yang pembatasan waktu penggunaan fasilitas wifi gratis.

“Banyak yang menggunakan sampai berjam-jam. Kami coba membuat timer penggunaan wifi maksimal 30 menit. Setelah batas waktu itu harus mendaftar. Ini yang akan kami coba terapkan,” ungkapnya.

Salah satu lokasi yang kerap dibanjiri pengguna fasilitas free wifi yakni kawasan Monumen Juang 45, Kecamatan Klaten Utara. Para pengguna kerap memenuhi pendopo di kawasan tersebut.

Salah satu pengguna, Tiara, 17, mengatakan baru kali kedua memanfaatkan akses wifi gratis di kawasan tersebut. Dari sisi fasilitas, ia menilai akses terhitung cepat.

“Saya manfaatkan untuk download. Untuk aksesnya cepat. Harapannya semua taman-taman itu dikasih fasilitas serupa,” urai siswa MAN Klaten tersebut.

 

Titik wifi gratis di Klaten :

Masjid Al Aqsha

Pendopo Monumen Juang

Taman Hutan Gergunung

Alun-alun Klaten titik 1

Alun-alun Klaten titik 2

Taman Lampion titik 1

Taman Lampion titik 2

Pendopo Makam Sunan Pandanaran

Stadion Trikoyo

Taman Nartosabdo Pandes

Sumber : Diskominfo Klaten (tau)

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply