Caption : Siswa berusaha melintasi jalur rintangan zig-zag dalam acara Sekolah Safety Riding Mandiri (SSRM) di SMK Muhammadiyah 1 Solo, Selasa (13/3/2018). (M Ferri Setiawan/JIBI/SOLOPOS)
Rabu, 14 Maret 2018 12:15 WIB Septhia Ryanthie/JIBI/SOLOPOS Pendidikan Share :

Catat! Berkendara Aman Masuk Kurikulum SMK di Jateng

Keselamatan berkendara atau safety riding bakal masuk kurikulum SMK se Jateng.

Jatengpos.com, SOLO—Materi keselamatan berkendara atau safety riding bakal masuk Kurikulum Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor di sekolah menengah kejuruan (SMK) se-Jateng mulai 2019.
Rencana itu mengemuka dalam kegiatan Sekolah Safety Riding Mandiri (SSRM) dan Komunitas Keselamatan Sekolah (KKS) di SMK Muhammadiyah 1 Solo, Selasa (13/3/2018).

“Masuknya materi safety riding dalam kurikulum Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor merupakan rencana Dinas Pendidikan bersama Honda melalui kerja sama yang sudah dijalin sebelumnya. Safety riding tidak hanya jadi materi insidental atau ekstrakurikuler, namun bagian dari kurikulum untuk Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor,” terang Ary Yulistiana selaku panitia kegiatan, mendampingi Kepala SMK Muhammadiyah 1 Solo, Tarmo, saat ditemui Solopos.com di sela-sela kegiatan, Selasa.

Sosialisasi seputar keselamatan berkendara pada Selasa tersebut menyasar siswa SMK setempat dalam rangka membangun kesadaran tertib berlalu lintas. Dalam kegiatan itu dihadirkan narasumber dari Satlantas Polresta Solo, yakni Kanit Dikyasa Satlantas Polresta Solo, AKP Nur Affandi, dan dari Astra Motor Training Center (ATMC), Suko Edi. (baca juga: Pemkot Solo Dorong Pelajar Belum Punya SIM Ngonthel ke Sekolah)

Nur Affandi menekankan pentingnya tertib berlalu lintas. Kasus kecelakaan lalu lintas saat ini didominasi remaja, terutama pelajar, baik sebagai korban maupun pelaku. Harus dibangun kesadaran dalam diri remaja tersebut tentang pentingnya keselamatan berkendara.

Sedangkan Suko Edi menyampaikan agar pengendara senantiasa mengutamakan keamanan dan keselamatan saat berkendara.

“Di antaranya kenakan perlindungan tubuh seperti helm, jaket, dan sebagainya. Selalu cek sepeda motor untuk memastikan aman saat berkendara,” jabarnya.
Selain sosialisasi, dalam kesempatan itu diadakan servis murah khusus sepeda motor Honda oleh mitra SMK Muhammadiyah 1.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply