Atol Bikini. (Tropfreakz.com) Caption : Atol Bikini. (Tropfreakz.com)
Kamis, 1 Maret 2018 00:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Internasional Share :

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI
1 Maret 1949, Soeharto 6 Jam Duduki Jogja

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 1 Maret dihimpun dalam tulisan berikut.

Jatengpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 1 Maret. Pada 1 Maret 1949, pasukan Indonesia menyerbu wilayah Yogyakarta yang diduduki Belanda.

Bukan hanya itu, terdapat pula sederet peristiwa bersejarah lain yang patut dikenang pada 1 Maret. Berikut Semarangpos.com menghimpun peristiwa-peristiwa itu dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com.

86 SM
Pasukan Kekaisaran Romawi yang dipimpin Lucius Cornelius Sulla berhasil mengalahkan pasukan Athena pimpinan Aristion yang didukung pasukan Kerajaan Pontus dari utara Anantolia—sekarang Turki—pimpinan Raja Mithridates VI. Kemenangan pasukan Kekaisaran Romawi itu sekaligus mengakhiri pengepungan yang mereka lakukan di Athena selama berbulan-bulan.

1565
Pemerintah kolonial Portugal mendirikan Kota Rio de Janeiro di Brasil. Pada 1763, kota tersebut kemdian menjadi ibu kota Brasil.

1628
Raja Inggris, Charles I, memerintahkan semua kota di Inggris untuk membayar pajak kapal kepada kerajaan. Peraturan itu berlaku untuk semua kota di Inggris meskipun letaknya jauh dari pelabuhan.

1815
Napoleon Bonaparte kembai dari pengasingannya di Pulau Elba. Napoleon kemudian kembali memerintah di Prancis selama 100 hari.

1941
Bulgaria menandatangani Pakta Tripartit yang menyatakan penggabungan diri dengan Blok Poros. Dengan begitu, Bulgaria secara resmi terlibat Perang Dunia II untuk melawan Sekutu.

Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949. (Wikimedia.org)

Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949. (Wikimedia.org)

1949
Pasukan Indonesia merebut dan menduduki wilayah Kota Jogja yang kala itu menjadi ibu kota Indonesia namun dikuasai Belanda. Pasukan Indonesia pimpinan Letkol Soeharto mengklaim berhasil menduduki Kota Jogja selama enam jam. Peristiwa tersebut kini dikenang dengan sebutan Serangan Oemoem—atau dalam ejaan baru Serangan Umum—1 Maret 1949.

1953
Pemimpin Uni Soviet, Josef Stalin, pingsan setelah terserang strok. Empat hari kemudian, Stalin yang memimpin Soviet sejak 1922 itu meninggal dan digantikan Nikita Khrushchev.

Atol Bikini. (Tropfreakz.com)

Atol Bikini. (Tropfreakz.com)

1954
Amerika Serikat (AS) meledakkan bom hidrogen seberat 15 megaton di Atol Bikini, Samudra Pasifik. Peledakan bom AS dengan alasan pengujian itu kemudian dianggap telah memprovokasi Uni Soviet. Selain itu, uji coba tersebut menimbulkan kontaminasi radioaktif terburuk yang pernah disebabkan AS.

1972
Tentara Israel melancarkan serangan besar-besaran ke Suriah yang menghancurkan beberapa kantong militer di Suriah. Serangan itu memicu Suriah untuk membalasnya beberapa hari kemudian. Baku serang antara kedua negara itu pun kemudian terjadi selama berbulan-bulan.

1994
Justin Drew Bieber lahir di London, Ontario, Kanada. Kini, namanya dikenal luas sebagai penyanyi sekaligus penulis lagu yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Bieber memulai kariernya di dunia hiburan sejak 2008. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 28 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 27 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 26 Februari

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply