Ilustrasi Pertempuran Badar pada Siyer-i Nebi, di masa Kesultanan Ottoman abad ke-16 yang sekarang tersimpan di Museum Topkapi, Turki. (Wikimedia.org) Caption : Ilustrasi Pertempuran Badar pada Siyer-i Nebi, di masa Kesultanan Ottoman abad ke-16 yang sekarang tersimpan di Museum Topkapi, Turki. (Wikimedia.org)
Selasa, 13 Maret 2018 00:50 WIB Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com Internasional Share :

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI
13 Maret 624, Pertempuran Badar Pecah

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 13 Maret dihimpun dalam tulisan berikut.

Jatengpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 13 Maret. Pada 13 Maret 624, Pertempuran Badar antara pasukan Islam dan pasukan Quraisy meletus.

Bukan hanya itu, terdapat pula sederet peristiwa bersejarah lain yang patut dikenang pada 13 Maret. Berikut Semarangpos.com menghimpun peristiwa-peristiwa itu dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com.

624
Pertempuran antara pasukan Islam pimpinan Nabi Muhammad melawan pasukan Suku Quraisy yang dipimpin Abu Jahal meletus di wilayah Badar, sebelah barat Madinah. Pertempuran yang kemudian dikenang dengan sebutan Pertempuran Badar itu berhasil dimenangi pasukan Islam. Dalam kalender Hirjiah, pertempuran tersebut terjadi pada 17 Ramadan 2 Hijriah.

1591
Tentara Dinasti Saadi dari Maroko pimpinan Judar Pasha berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Songhai yang menguasai wilayah Mali. Padahal, jumlah tentara Songhai lima kali lebih banyak dibandingkan jumlah tentara Dinasti Saadi.

1881
Pemimpin Rusia, Tsar Alexander II, tewas terbunuh di dekat istananya dalam serangan bom yang dilancarkan kaum revolusioner. Sebelumnya, Alexander II pernah selamat dari percobaan pembunuhan pada Februari 1880.

1900
Di masa Perang Boer, pasukan Inggris berhasil merebut wilayah Bloemfontein dari pasukan Orange Free State. Bloemfontein merupakan kota yang berdiri pada 1846 dan menjadi ibu kota Orange Free State sejak 1854. Inggris kemudian membangun penampungan di kota tersebut. Diperkirakan penampungan tersebut menjadi tempat tewasnya sekitar 28.000 wanita dan anak-anak.

1921
Panglima militer Rusia penentang Bolshevik, Roman von Ungern-Sternberg, memproklamasikan Mongolia sebagai kerajaan merdeka. Sebelumnya, Mongolia telah dikuasai Dinasti Qing sejak akhir abad ke-17. Akan tetapi, kemerdekaan Mongolia yang diproklamasikan itu tidak diakui Tiongkok sampai 1949.

1938
Setelah berhasil mencaplok Austria, pemerintah Jerman membuat pasukan militer gabungan dengan Austria. Pemimpin Jerman Adolf Hitler kemudian menantang negara yang berani merusak hubungan dua negara tersebut.

1943
Pasukan Jerman mulai membantai orang Yahudi di Ghetto Krakow, Polandia. Diperkirakan ada 2.000 orang Yahudi yang dianggap tak mampu bekerja untuk Jerman dieksekusi mati. Sebagian lainnya dipindahkan ke penampungan di Auschwitz.

1954
Pasukan Viet Minh yang dipimpin Vo Nguyen Giap melancarkan serangan artileri besar-besaran terhadap pasukan Prancis dalam Pertempuran Dien Bien Phu. Pertempuran tersebut berhasil dimenangi pasukan Viet Minh sekaligus mengakhiri Perang Indochina I yang berlangsung sejak 19 Desember 1946.

Paus Pius XII. (Worldslastchance.com)

Paus Pius XII. (Worldslastchance.com)

1957
Diperkirakan ada lebih dari 10.000 umat Katolik berkumpul di Vatikan untuk menyaksikan perayaan 18 tahun kepemimpinan Paus Pius XII. Perayaan tersebut juga dihadiri Presiden Republik Irlandia Sean T.O. Kelley dan Menteri Luar Negeri Spanyol Fernando Maria Castiella.

Gerard Deulofeu Lazaro. (Express.co.uk)

Gerard Deulofeu Lazaro. (Express.co.uk)

1994
Gerard Deulofeu Lazaro lahir di Riudarenes, Spanyol. Kini, namanya cukup terkenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub besar, yakni Barcelona pada 2011 hingga 2015, dan Everton pada 2015 hingga 2017. Pemain yang berposisi sebagai striker itu kembali membela Barcelona sejak 2017.

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 12 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 11 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 10 Maret

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply