Ribuan wisatawan menikmati suasana Pantai Baron pada libur tahun baru 2018, Senin (1/1/2018). (Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah) Caption : Ribuan wisatawan menikmati suasana Pantai Baron pada libur tahun baru 2018, Senin (1/1/2018). (Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)
Rabu, 28 Maret 2018 14:20 WIB Herlambang Jati Kusumo/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Cuaca Tak Menentu di Gunungkidul Dikhawatirkan Pengaruhi Kunjungan Wisata

Kondisi cuaca yang tidak menentu dikhawatirkan mempengaruhi jumlah kunjungan wisata pada liburan Jumat Agung dan akhir pekan besok

Jatengpos.com, GUNUNGKIDUL–Kondisi cuaca yang tidak menentu dikhawatirkan mempengaruhi jumlah kunjungan wisata pada liburan Jumat Agung dan akhir pekan besok.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar), Gunungkidul, Hary Sukmono, mengatakan beberapa hari terakhir kondisi hujan yang ada di Gunungkidul dikhawatirkan akan terjadi saat liburan panjang nanti.

“Kemungkinan hujan beberapa hari ini, dikhawatirkan sampai besok saat liburan. Orang-orangkan juga terkadang malas untuk liburan keluar jika hujan,” ujarnya Rabu (28/3/2018).

Meski begitu dia optimis ada kunjungan wisatawan sampai 40.000-50.000 dalam liburan akhir pekan ini. Dimana pada akhir pekan biasa sekitar 30.000 wisatawan.

Kawasan pantai juga dinilai masih menjadi favorit wisatawan. Diprediksi 80% wisatawan datang ke kawasan pantai. Hary juga mengatakan terus berkordinasi dengan pihak kepolisian maupun Dinas Perhubungan (Dishub), untuk mengantisipasi kemacetan.

Kepala Dishub, Syarief Armunanto, mengatakan untuk hari Jumat dinilainya masih landai. “Untuk jumatnya sepertinya masih landai, karena masih hari H ibadah untuk umat Kristiani dan yang Muslim juga masih ibadah shalat Jumat,” ujarnya.

Untuk Sabtu dan Minggu, kemungkinan meningkat 30-40% dari hari libur biasanya. Dia mengatakan akan ada beberapa antisipasi lonjakan jumlah wisatawan itu.

“Bersama kepolisian penempatan personil sebagai bantuan pengaturan lalin dan pengamanan di jalur rawan kepadatan terutama jalur menuju wisata, kedua menyiapkan unit untuk standby antisipasi gangguan trafficlight dan fasilitas jalan,” ujarnya.

Selain itu juga pihaknya akan mensosialisasikan atau menginformasikan info lalin dan jalur alternatif untuk kendaraan pribadi pada saat penugasan.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply