Ben Anderson (tribulan1965.org) Caption : Ben Anderson (tribulan1965.org)
Jumat, 23 Maret 2018 05:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Defosilisasi Ilmu ala Ben Anderson

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (20/3/2018). Esai ini karya A. Windarto, peneliti di Lembaga Studi Realino Sanata Dharma Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah winddarto@yahoo.com.

Jatengpos.com, SOLO--Esai berjudul Interdisiplin Ilmu ala Soedjatmoko yang ditulis Rony K. Pratama  di Solopos edisi 14 Maret 2018 menegaskan disiplin ilmu masih terperangkap dalam cara berpikir monodisiplin, linier, dan sudah memfosil.

Dengan cara berpikir itu, para ilmuwan bukan saja sukar untuk keluar dari zona nyaman mereka, tetapi juga menjadi amat protektif lantaran takut tercemar dengan ilmu(wan) lainnya.

Lebih parahnya lagi, hal itu disokong oleh hambatan struktural yang lebih mengutamakan prosedur dan peraturan administratif daripada pengembangan daya dan kualitas edukatif. Akibatnya, terjadilah apa yang disebut dengan gejala “”surplus laporan, defisit perubahan”.

Dalam konteks ini, menarik untuk membandingkan dengan pengalaman yang ditulis Benedict Anderson dalam buku autobigrafinya berjudul Hidup di Luar Tempurung (Marjin Kiri, 2016).

Pengalaman itu berkait dengan masalah di sebuah jurusan yang menolak memberikan jabatan pengajar tetap bagi seorang dosen. Masalah ini telah berlangsung selama 10 tahun dan tak seorang pun yang mampu mengatasi, bahkan pejabat sekelas dekan.

Usut punya usut, demikian Ben menulis pengalamannya, masalah itu terletak pada ketidaksamaan di antara anggota staf pengajar di jurusan tersebut, selain karena alasan tidak suka dan tidak mau saling memahami.

Ironisnya, di jurusan yang secara disipliner mempelajari ilmu kejiwaan, justru menjadi indisipliner dalam menghadapi masalah yang hanya memfungsikan jurusan sebagai wadah administrasi dan anggaran belaka.

Selanjutnya adalah: Tiga kelompok tidak saling memahami

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply