Tanggung jawab sosial perusahaan (dosenpendidikan.com) Caption : Tanggung jawab sosial perusahaan (dosenpendidikan.com)
Selasa, 27 Maret 2018 05:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Hotel Berbintang dan CSR

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (20/2/2018). Esai ini karya Purwanto Yudhonagoro, mahasiswa S3 Program Studi Penyuluhan Pembangunan Universitas Sebelas Maret Solo.

Jatengpos.com, SOLO–Dewasa ini pembangunan hotel berbintang di Solo semakin banyak dan pesat. Ini menunjukkan peningkatan investasi yang baik bagi daerah di bidang perhotelan.

Hal ini terjadi di antaranya karena adanya peraturan daerah yang jelas dan berkekuatan hukum tetap. Melalui Peraturan Daerah Kota Solo Nomor 5 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata, terutama Pasal 1 ayat (35),  dijelaskan bahwa usaha hotel adalah usaha penyediaan akomodasi secara harian berupa kamar-kamar di dalam satu atau lebih bangunan, termasuk losmen, penginapan, pesanggrahan, yang dapat dilengkapi dengan jasa pelayanan makan dan minum, kegiatan hiburan dan/ atau fasilitas lainnya.

Kota Solo merupakan salah satu destinasi wisata domestik dan internasional rujukan di Provinsi Jawa Tengah. Di balik itu semua, dampak positif dan negatif yang dirasakan masyarakat sekitar bangunan hotel terus bermunculan.

Berdasarkan penelitian Nadia dan Suharno (2015) berjudul Implementasi Kebijakan Perizinan Pembangunan Hotel di Kota Yogyakarta, dampak positif yang ditimbulkan akibat pembangunan hotel, yaitu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) berupa pajak, retribusi, ataupun pungutan-pungutan lainnya; menambah lapangan pekerjaan; mendukung pembangunan kota karena hotel merupakan salah sau pilar pengembangan pariwisata; dan pertumbuhan hotel meningkatkan kegiatan ekonomi.

Sedangkan dampak negatif yang dirasakan oleh masyarakat sekitar dari pembagunan hotel adalah kekeringan, gangguan limbah, pencemaran air dan udara, kemacetan lalu lintas, serta terganggunya kenyamanan dan ketenangan kehidupan bermasyarakat, terutama pada saat beristirahat.

Selanjutnya adalah: Perlu tanggung jawab sosial bagi masyarakat

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply