Tiyas Nur Haryani (Istimewa) Caption : Tiyas Nur Haryani (Istimewa)
Jumat, 30 Maret 2018 01:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Komunikasi Politik Generasi Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (26/3/2018). Esai ini karya Tiyas Nur Haryani, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah tiyasnur@gmail.com.

Jatengpos.com, SOLO–Peradaban telah banyak berubah. Awalnya kita sering mendengar istilah globalisasi atau sering kita artikan sebagai kondisi dunia yang dilipat. Pertukaran informasi, produk ekonomi, ideologi, kebudayaan serta teknologi antarnegara menjadi cepat dan tanpa batas.

Kini kita mulai lebih sering mendengar istilah disrupsi inovasi. Disrupsi inovasi sesungguhnya adalah istilah pemasaran namun bisa kita pinjam untuk mendeskripsikan kondisi kekiniaan yang secara operasional menunjukkan pergeseran inovasi dari produk konvensional ke produk berbasis teknologi informasi.

Saat ini penyediaan layanan publik dan distribusi informasi telah banyak memanfaatkan teknologi informasi. Manusia dituntut akrab dengan benda-benda teknologi informasi kekiniaan beserta standar operasional pengunaannya.

Selain globalisasi dan disrupsi inovasi, komposisi penduduk di Indonesia juga telah berubah. Penduduk usia produktif sedang mendominasi Indonesia. Mereka adalah para generasi dalam rentang usia 18 tahun-37 tahun atau sekarang akrab disebut sebagai generasi milenial.

Mereka energik, muda, tumbuh dan berkembang dalam arus modernisasi. Saya sendiri yang juga bagian dari generasi milenial mengakui bahwa generasi milenial itu unik dengan beragam kreativitas masing-masing.

Banyak dari generasi milenial yang telah berhasil menjadi kreator, memiliki cara berpikir yang unik, out of the box, dan di luar mainstream untuk bertahan hidup di tengah tekanan sosial ekonomi yang kian besar dan pergeseran kehidupan sosial ekonomi yang cepat.

Generasi milenial akrab dengan teknologi digital, tidak terlepas dari gadget, dan banyak melakukan click dan share. Kaum milenial aktif menggunakan berbagai macam media sosial dalam kehidupan sosial dan aktivitas ekonomi.

Telah banyak generasi milenial yang menjadi pengelola bisnis start up dengan memanfaatkan fitur dan aplikasi teknologi informasi yang hadir dewasa ini. Mereka menuntut segala sesuatu bersifat mudah, cepat, dan tanggap.

Selanjutnya adalah: Mudah memperoleh informasi sebanya mungkin

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply