Bramastia (Istimewa) Caption : Bramastia (Istimewa)
Sabtu, 3 Maret 2018 05:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Liberalisasi Kampus Asing

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (19/2/2018). Esai ini karya Bramastia, doktor Ilmu Pendidikan dari Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah bramastia@gmail.com.

Jatengpos.com, SOLO–Menurut UU No. 12/2012 tentang Perguruan Tinggi, khususnya Pasal 90, ada peluang lebar bagi kampus asing membuka cabang atau mendirikan kampus di Indonesia.

Dalam regulasi tersebut ada catatan penting tentang mekanisme pembukaan atau pendirian kampus asing di Indonesia.

Kampus asing harus memperoleh izin terlebih dulu dari pemerintah, berprinsip nirlaba, mau bekerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia, dan mengutamakan dosen serta tenaga kependidikan Indonesia.

Pemerintah melalui Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mendorong kampus asing membuka kampus di Indonesia dengan masuk klasifikasi sebagai kampus swasta.

Ini akan berakibat biaya pendidikan kampus asing lebih mahal dibandingkan perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

Bukankah ini logika terbalik Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang gagal paham dalam memaknai dunia pendidikan?

Saya mengajak kalangan perguruan tinggi lebih cermat karena berdasar survei yang dilakukan pada 1993 ternyata tidak salah kesimpulan dunia pendidikan telah menjadi industri jasa yang paling menonjol orientasi ekspornya.

Amerika Serikat pada 2000 telah mendapat sumbangan pendapatan negara dari ekspor jasa pendidikan senilai US$14 miliar atau setara dengan nilai Rp126 triliun.

Saya khawatir di balik liberalisasi pendidikan tinggi melalui kampus asing ini sesungguhnya ada kepentingan yang terselubung di balik negara yang menganut konsep universalisasi pendidikan tinggi.

Selanjutnya adalah: Membuka pintu bagi kampus asing membuat khawatir banyak pihak

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply