Evy Sofia (Istimewa) Caption : Evy Sofia (Istimewa)
Kamis, 29 Maret 2018 21:03 WIB Ichwan Prasetyo/JIBI/SOLOPOS Kolom Share :

GAGASAN
Penerimaan Siswa Baru Bersistem Zona

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (28/3/2018). Esai ini karya Evy Sofia, guru Bimbingan Konseling. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.

Jatengpos.com, SOLO–Sebelum memasuki tahun pelajaran baru, dunia pendidikan selalu diawali dengan penerimaan peserta didik daru (PPDB) secara online di tingkat SMP negeri dan SMA/SMK negeri. Pemerintah berharap kebijakan yang dibikin berjalan efektif.

Pengelola sekolahan harap-harap cemas mengimplementasikan kebijakan pemerintah. Orang tua berdebar-debar mengikuti arus informasi yang setiap saat bisa berubah. Murid-murid dan calon murid di sekolah yang lebih tinggi berdebar-debar memantau jurnal penerimaan siswa baru yang sangat fluktuatif pergerakannya.

Beberapa waktu sebelum PPDB SMP negeri dan SMA/SMK negeri digelar, sebagian sekolah swasta terlebih dahulu melaksanakan kegiatan penerimaan murid baru. Aneka baliho dan spanduk yang terpasang di beberapa lokasi strategis menginformasikan dengan jelas agenda tersebut, mulai dari tanggal tes, syarat pendaftaran, fasilitas, hingga prestasi sekolah. Beberapa foto atraktif dipajang sebagai pemanis.

Sekolah swasta juga jor-joran strategi marketing yang menarik. Menggelar open house, promosi dari sekolah ke sekolah, memasang iklan di media massa, mengaktifkan website sekolah, melayani pendaftaran online, dan memberikan beasiswa prestasi.

Bebagai informasi yang komprehensif dan mudah diakses ini tentu menguntungkan orang tua yang hendak mencari sekolah untuk buah hati mereka. Mereka tinggal memilih yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Mereka bias memilih sekolah yang menawarkan program satuan kredit semester (SKS), bilingual, digital class, tahfidz, akselerasi. Semua dikembalikan pada kehendak orang tua dan anak. Informasi PPDB online SMP dan SMA/SMK negeri justru kurang tersosialisasikan dengan baik di masyarakat.

Sejak kali pertama diluncurkan sekitar enam tahun lalu, kebijakan selalu berubah tiap tahun. Perubahan meliputi kuota murid dengan kartu keluarga dalam kota dan luar kota, verifikasi piagam penghargaan, persentase murid dari keluarga miskin, dan zonasi. Berbagai perubahan acap kali diikuti kebingungan masyarakat. Mekanisme PPDB online SMAN Kota Solo pada tahun pelajaran 2016/2017 mengurangi kuota murid asal luar Kota Solo di sejumlah sekolah favorit.

Selanjutnya adalah: Kuota murid asal luar kota 

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply