Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (Pictagram) Caption : Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (Pictagram)
Kamis, 15 Maret 2018 01:10 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Kesehatan Share :

INFO HIDUP SEHAT
5 Hal Sepele Ini Bikin Orang Sulit Tidur

Info hidup sehat kali ini tentang lima hal sepele yang membuat Anda sulit tidur.

Jatengpos.com, SOLO – Tidur di malam hari merupakan cara terbaik untuk beristirahat. Saat malam hari, sebagian besar anggota tubuh akan mengalami penurunan kinerja. Jika sudah begini, Anda sebaiknya tidur agar istirahat lebih optimal.

Tapi, dalam berbagai kasus, ada orang yang mengalami gangguan tidur di malam hari. Hal ini bisa terjadi karena berbagai hal, apa saja? Simak ulasan lengkap yang dihimpun Solopos.com dari Live Strong, Rabu (14/3/2018), di bawah ini:

Terlambat makan malam

Makan malam di atas pukul 21.00 akan membuat Anda sulit tidur. Sebaiknya, atur jam makan malam Anda, usahakan jangan lebih dari jam 20.00, karena kinerja lambung akan melambat di malam hari. Usahakan Anda tidur minimal dua jam setelah makan agar makanan bisa dicerna dengan baik.

Makan jeruk di malam hari

Makan jeruk di malam hari juga akan menimbulkan gangguan tidur. Pasalnya, perut akan tersa mulas setelah mengonsumsi buah berasa masam ini. Jika nekat mengonsumsinya, tidur Anda tidak akan nyenyak.

Main ponsel

Kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur juga sebaiknya dihindari. Sinar terang yang muncul dari ponsel akan merangsang produksi hormon yang meningkatkan kewaspadaan.

Mandi air dingin

Mandi atau membasuh wajah dengan air dingin sebelum tidur juga akan membuat kantuk hilang. Air dingin menstimulasi tubuh untuk melepaskan energi yang membuat Anda terjaga. Jadi, sebaiknya mandilah dengan air hangat agar tidur lebih nyenyak.

Memaksa tidur dengan perut kosong

Perut yang kosong juga membuat seseorang sulit tidur. Jadi, pastikan perut sudah kenyang agar tidur lebih nyenyak. Ingat, tidurlah minimal dua jam setelah makan. Jika Anda langsung tidur setelah makan, maka makanan dalam lambung akan menjadi lemak yang bertumpuk dan menambah berat badan.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply