Satai kambing muda di Resto Sate Lawu di Jl. Baru No. 2 Kalisoro, Tawangmangu, Selasa (27/3/2018). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos) Caption : Satai kambing muda di Resto Sate Lawu di Jl. Baru No. 2 Kalisoro, Tawangmangu, Selasa (27/3/2018). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)
Rabu, 28 Maret 2018 00:35 WIB Ponco Suseno/JIBI/Solopos Karanganyar Share :

KULINER KARANGANYAR
Nikmatnya Satai Kambing Hotplate di Tengah Udara Dingin Tawangmangu

Satai kambing yang disajikan menggunakan hotplate di warung sate lereng Gunung Lawu ini jadi buruan pencinta kuliner.

Jatengpos.com, KARANGANYAR — Selain menawarkan keindahan alam, Tawangmangu yang berada di lereng Gunung Lawu, Karanganyar, juga menjadi lokasi yang sering diburu para pencinta kuliner. Di daerah yang berjarak kurang lebih 40 kilometer dari Karanganyar ini banyak pilihan aneka kuliner.

Kuliner di Tawangmangu tak hanya satai kelinci dan satai landak yang sudah dikenal masyarakat luas. Di daerah yang berhawa dingin ini, juga ada satai lawu dari daging kambing. Jenis satai kambing ini berbeda dengan satai kambing pada umumnya.

Daging kambing yang disajikan merupakan kambing muda yang dilumuri bumbu rempah. Selanjutnya, daging kambing muda itu dibakar.

Satai lawu ini dapat ditemukan pencinta kuliner di Resto Sate Lawu di Jl. Baru No. 2 Kalisoro, Tawangmangu. Lokasi ini cukup mudah dijangkau dengan kendaraan karena berada di kawasan pertigaan Cicoa (Kalisoro).

Pemberian nama satai lawu ini tak terlepas dari lokasi restoran yang berada di lereng Gunung Lawu. Satai lawu yang dikenalkan mulai akhir 2016 itu mampu menarik pencinta kuliner dari berbagai daerah di Tanah Air.

Manajemen restoran tersebut dapat menjual hingga 50 porsi pada Senin-Jumat. Sedangkan pada Sabtu-Minggu, penjualan satai lawu meningkat drastis, yakni mencapai 400 porsi dalam sehari. Harga satai lawu ini Rp35.000 per porsi.

“Yang menarik dari satai lawu ini adalah disajikan di hotplate. Ini kami lakukan karena menyesuaikan kondisi Tawangmangu yang adem, agar satai awet panas. Sembari menikmati satai, pengunjung di sini juga dapat menikmati keindahan alam lereng Gunung Lawu. Ini menjadi nilai plus sendiri bagi kami,” kata Manajer Sate Lawu Tawangmangu, Sudarso, saat ditemui Solopos.com di Tawangmangu, Selasa (27/3/2018).

Selain menyajikan satai lawu, lanjut Sudarso, Resto Sate Lawu Tawangmangu juga menyajikan aneka minuman berbahan dasar susu kambing etawa. Di antaranya seperti susu kambing cokelat, susu kambing dikasih madu jahe, dan aneka minuman lainnya.

“Minuman yang paling laris di sini, susu kambing dikasih madu jahe itu. Biasanya, kami menyingkat dengan Suka Dimadu Jahe. Pengunjung di sini, dapat makan satai kambing, minum susu kambing, dan melihat pemandangan indah dalam waktu bersamaan,” katanya.

Salah satu pengunjung di Resto Sate Lawu Tangmangu, Abdul, 29, mengaku tertarik menikmati satai lawu di lereng Gunung Lawu. Selain mengenyangkan dan merupakan makanan bergizi, pemandangan di kawasan pertigaan Cicoa dinilai sangat bagus.

“Satainya memang empuk. Satainya memang dari daging kambing muda pilihan. Bumbunya juga sangat meresap. Dingin-dingin seperti di Tawangmangu ini memang enaknya makan satai yang disajikan di atas hotplate,” katanya.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply