Caption :
Senin, 26 Maret 2018 20:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Internasional Share :

LAGA UJI COBA
Jerman Vs Brasil: Tim Samba Melawan Trauma

Laga uji coba akan menyajikan laga Jerman vs Brasil.

Jatengpos.com, BERLIN — Tragedi pembantaian 1-7 dari Jerman pada semifinal Piala Dunia 2014masih menyisakan trauma bagi Brasil.

Saat itu, bek Brasil, David Luiz, yang dikenal humoris bahkan ikut berlinang air mata setelah timnya menjadi bulan-bulanan Der Panzer, julukan Timnas Jerman. Sekitar empat tahun sejak tragedi Mineirazo di Stadion Mineirao tersebut, Brasil akan kembali bertemu Jerman dalam laga persahabatan di Olympiastadion, Berlin, Rabu (28/3/2018) pukul 01.45 WIB.

Selecao, julukan Brasil, harus menyingkirkan trauma kekalahan paling memalukan dalam sejarah mereka di Piala Dunia itu agar tidak menjadi bayang-bayang kelam di Piala Dunia 2018 di Rusia, Juni-Juli nanti. Brasil mengalami banyak perubahan sejak tragedi tersebut.

Selecao memang tidak bisa langsung bangkit dari keterpurukan bersama Dunga yang menggantikan posisi pelatih Luis Filipe Scolari. Selecao baru  kembali menemukan indentitas mereka sebagai tim paling hebat di dunia bersama Tite.

Bersama pelatih berusia 56 tahun membuat Brasil seolah terlahir kembali dengan kombinasi pemain lama dan beberapa pemain baru. Tidak ada lagi David Luiz di lini belakang atau Julio Cesar di bawah mistar Brasil seperti empat tahun silam.

Sebagai gantinya, Tite mengandalkan muka-muka fresh seperti Alisson Becker (kiper),  Philippe Coutinho (winger), atau Gabriel Jesus (striker). Meski demikian, Tite masih mempertahankan pemain lama seperti Neymar, Thiago Silva, dan Marcelo.

Hasilnya, Tite membawa Brasil meraih 14 kemenangan dan hanya menelan sekali kekalahan dalam 18 pertandingan di semua kompetisi. Hebatnya, Selecao bisa kembali memamerkan gaya permainan indah ala jogobonito, sertamoncer dengan 41 gol dan hanya kebobolan lima kali dalam 18 laga.

“Saya pikir, ini waktu yang ideal untuk menghadapi mereka [Jerman]. Kami harus yakin sekarang. Memang tak bisa dielakkan dari pembicaraan 1-7, namun kami harus belajar segala hal dalam hidup. Tetap tenang dan fokus untuk memainkan cara kami. Tite sangat hebat dalam menangani situasi seperti itu,” jelas bek Brasil, Joao Miranda, seperti dilansir goal.com, Senin (26/3).

Sayangnya, Brasil kembali tidak akan diperkuat kapten mereka, Neymar, seperti empat tahun silam. Di Mineirao, Neymar tidak bisa turun karena cedera punggung. Kali ini dia menderita cedera metatarsal pada kaki kanannya dan diprediksi menepi selama tiga bulan.

Tanpa Neymar, Brasil tetap perkasa ketika menggunduli Rusia 3-0 dalam laga persahabatan di Moskow, Jumat (23/3/2018) WIB. Coutinho menjadi inspirator serangan Selecao, sementara Douglas Costa menutup posisi yang ditinggalkan Neymar di sayap kiri Brasil.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply