Caption : Brasil vs Jerman (JIBI/REUTERS/Wolfgang Rattay)
Kamis, 29 Maret 2018 00:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Internasional Share :

LAGA UJI COBA
Peringatan untuk Jerman!

Laga uji coba diwarnai dengan kekalahan Jerman dari Brasil.

Jatengpos.com, BERLIN — Label favorit disematkan pada Timnas Jerman menjelang perhelatan Piala Dunia 2018, Juni-Juli mendatang. Namun, label itu justru bisa membuat tim berjuluk Die Mannschaft tersebut keblinger.

Gelandang Jerman, Toni Kroos, pun meminta rekan-rekannya untuk tidak overconfident dengan label favorit tersebut, terutama setelah timnya menelan kekalahan 0-1 dari Brasil pada laga persahabatan di Olympiastadion, Berlin, Rabu (28/3/2018) dini hari WIB. Gol sundulan bomber Brasil, Gabriel Jesus, di Olympiastadion menghentikan streak tak terkalahkan Jerman selama 22 laga sejak Euro 2016 silam.

“Anda bisa lihat, kami tidak bagus dalam konsistensi. Kami harus memperbaiki banyak hal. Kami membuat kesalahan konyol,” jelas Kroos, seperti dilansir Reuters.

Wajar apabila sejumlah bursa taruhan memasang Jerman sebagai favorit untuk menjuarai Piala Dunia 2018. Selain berstatus sebagai juara bertahan, Die Mannschaft tampil sempurna selama kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa. Mereka dengan meraih 10 kemenangan dalam 10 pertandingan dan hanya kebobolan empat gol.

Namun hasil imbang 1-1 dengan Spanyol dan kekalahan 0-1 dari Brasil dalam laga persahabatan di jeda internasional sepekan terakhir ini membuat Jerman kembali menapakkan kaki mereka di bumi. “Kami tidak benar-benar favorit di Rusia, itu [label favorit] omong kosong. Itu omong kosong dan itu semakin omong kosong untuk saat ini,” jelas Kroos.

Pelatih Jerman, Joachim Low, tidak memasang starting XI terbaiknya saat melawan juara dunia lima kali tersebut. Itu karena beberapa pemain Jerman mengalami cedera dan harus kembali ke klub masing-masing sebelum jeda internasional berakhir, seperti Mesut Ozil, Thomas Muller, dan Emre Can. Meski demikian, Low tidak ingin menjadikan itu sebagai alasan kekalahan timnya di Olympiastadion.

Sementara, hasil ini membuat Brasil menutup aib mereka setelah kekalahan memalukan dari Jerman dengan skor 1-7 pada semifinal Piala Dunia 2014 silam. Tanpa Neymar, Brasil bisa merobek gawang Jerman dengan aksi Jesus. Bomber Manchester City itu menuntaskan tendangan bebas Willian yang gagal diantisipasi kiper Jerman, Kevin Trapp.

“Tim ini layak mendapat pujian. Saya pikir kami dalam trek yang benar, dengan kerendahan hati dan disiplin, kami menunjukkannya hari ini. Itu membuat kami bangga,” ungkap bek Brasil, Thiago Silva.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply