Caption : Portugal vs Belanda (JIBI/REUTERS/Denis Balibouse)
Selasa, 27 Maret 2018 23:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Internasional Share :

LAGA UJI COBA
Saat Juara Eropa Dibekuk Tim Pesakitan

Laga uji coba diwarnai dengan kekalahan Portugal dari Belanda.

Jatengpos.com, JENEWA — Portugal dinobatkan sebagai juara di Euro 2016 lalu. Sementara Belanda, jangankan juara, lolos ke turnamen saja tidak.

Selain itu, Portugal juga memastikan sebagai salah satu dari 32 kontestan Piala Dunia 2018, di Rusia, Juni-Juli 2018 mendatang. Sebaliknya, Belanda kembali absen di turnamen akbar setelah pada kualifikasi Piala Dunia 2018 mereka hanya finis di posisi ketiga Grup A Zona Eropa.

Berkaca dari itu, Portugal seharusnya mampu mengatasi Belanda  dengan mudah pada laga uji coba di Stade de Geneva, Jenewa, Swiss, Selasa (27/3/2018) dini hari WIB kemarin. Namun, hasilnya justru bertolak belakang dari prediksi kebanyakan orang. Portugal yang diperkuat megabintang Cristiano Ronaldo dibuat babak belur tim berjuluk De Oranje itu.

Gawang Portugal yang dikawal Anthony Lopes kebobolan gol Memphis Depay, Ryan Babel, dan Virgil van Dijk. Ronaldo yang membutuhkan hattrick untuk menyamai rekor Ferenc Puskas yang mencetak 84 gol di panggung internasional gagal total membuat gol balasan. Bintang Real Madrid itu tidak segarang dalam beberapa penampilan terakhir di 2018 ini.

Bukan hanya gagal mencetak gol, pemain yang akrab disapa CR7 nyaris pernah mengancam gawang De Oranje. Berapa percobaan tembakan yang dihasilkan Ronaldo? nol!

“Saya harusnya bisa lebih baik, namun saya bertanggung jawab dengan kekalahan ini. Saya yang memilih pemain, mengobservasi lawan, dan menyusun strategi,” jelas Pelatih Portugal, Fernando Santos, seperti dilansir Reuters.

Santos  tidak memainkan semua pilarnya. Kiper Beto, penyerang Bernardo Silva, dan bek Raphael Guerreiro diistirahatkan setelah kemenangan 2-1 atas Mesir akhir pekan lalu. Sedangkan Joao Moutinho, Goncalo Guedes, dan Neto baru dimainkan pada babak kedua. Meski demikian, Santos menyadari rotasi pemain itu tidak pantas dijadikan alasan atas kekalahan telak dari Belanda ini.

Ini merupakan kemenangan perdana Belanda bersama pelatih Ronald Koeman. Sebelumnya, Koeman menelan hasil pahit dalam debutnya di kursi pelatih De Oranje dengan kekalahan 0-1 dari Inggris, akhir pekan lalu.

“Kami putuskan untuk memakai sistem yang benar-benar beda seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami memainkan tiga gelandang. Tim bermain bagus dan  hanya membiarkan sedikit ruang kosong. Portugal punya masalah besar dalam menemukan ruang,” ujar Koeman, seperti dilansir As.com.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply