Caption : Trofi Liga Champions (JIBI/REUTERS/Pierre Albouy)
Rabu, 28 Maret 2018 08:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Liga Champions Share :

LIGA CHAMPIONS
Aturan Baru! Tim Boleh Siapkan 12 Pemain di Bench

Liga Champions memunculkan aturan baru.

Jatengpos.com, NYON — UEFA beberapa kali mengubah aturan kompetisi bergengsi antaklub mereka, Liga Champions dan Liga Europa. Yang mencengangkan, dalam aturan terbaru tersebut, UEFA akan membolehkan tim peserta menyiapkan 12 pemain di bangku cadangan!

Jadi, sebuah tim bisa membawa skuat yang berisi 23 pemain, dengan perincian 11 orang di starting XI dan 12 pemain di bench. Namun, aturan tersebut hanya diberlakukan pada babak final. Jika sebelumnya sebuah tim yang diperbolehkan menyiapkan tujuh pemain di bech, maka mulai musim depan tim yang lolos ke babak final Liga Champions dan Liga Europa bisa menyiapkan 12 pemain cadangan.

Selain itu, klub tersebut bisa melakukan empat kali pergantian pemain dengan syarat terjadi babak extra time. Hal itu bisa dimulai sejak fase knock-out pertama alias babak 16 besar hingga final. Tiga pergantian pemain dilakukan di waktu normal, sedangkan pergantian keempat dilaksanakan pada extra time.

Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Selasa (27/3/2018), UEFA juga melakukan perubahan waktu kick-off pertandingan pada play-off, fase grup, babak 16 besar, perempatfinal, semifinal, serta final Liga Champions. Dari semula pukul 19.45 GMT, diundur 15 menit menjadi pukul 20.00 GMT. Jadi, penonton siaran Liga Champions akan menyaksikan laga-laga antarklub paling glamor di Eropa tersebut dari semula pukul 02.45 WIB menjadi pukul 03.00 WIB.

Jadwal kick-off juga mengalami perubahan untuk pertandingan-pertandingan Liga Europa. Laga babak grup hingga babak 16 besar Liga Europa akan digelar pukul 17.55 GMT (pukul 00.55 WIB) dan pukul 20.00 GMT (03.00 WIB). Dua pertandingan di grup yang sama akan dimainkan dalam waktu bersamaan. Sedangkan kick-off babak perempat final, semifinal, dan final digelar pukul 20.00 GMT.

Sementara itu, kick-off Piala Super UEFA akan dilaksanakan pukul 20.00 GMT. Khusus waktu kick-off Piala Super UEFA bisa diberlakukan mulai tahun ini, di Tallinn’s Lillekula, Estonia, 15 Agustus 2018 mendatang.

Selain itu, klub juga boleh mendaftarkan tiga pemain baru tanpa batasan apa pun apabila mereka lolos ke fase knock-out. Jadi, seorang pemain bisa berganti kostum dalam semusim di Liga Champions. Hal itu tidak bisa dilakukan pada musim-musim sebelumnya. Musim ini misalnya, Philippe Coutinho tidak bisa membela Barcelona di Liga Champions karena sebelumnya telah bermain untuk Liverpool di fase grup.

Liga Europa juga akan mengikuti jejak Liga Champions yang memperbolehkan memasang lencana juara pada jersey pemain jika mereka meraih minimal lima kali atau tiga kali beruntun. Sejauh ini, hanya Sevilla yang bisa memasang lencana Liga Europa itu setelah meraih lima kali juara di kompetisi kasta kedua Eropa tersebut.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply