Caption : Pendukung Donald Trump merayakan kemenangan calon Presiden AS dari Partai Republik, di Manhattan, New York, AS, Selasa (8/11/2016). (JIBI/Solopos/Reuters/Brendan McDermid)
Kamis, 29 Maret 2018 11:00 WIB John Oktaveri/JIBI/Bisnis Internasional Share :

Operasi Intelijen Rusia dalam Kampanye Trump Kian Terkuak

Peran intelijen Rusia dalam kampanye pemenangan Donald Trump di Pemilu AS 2016 lalu kian terkuak.

Jatengpos.com, JAKARTA — Seorang mantan intelijen Rusia yang bekerja dengan mantan juru kampanye Donald Trump, Paul Manafort dan Rick Gates, dilaporkan menjalin komunikasi dengan Gates saat kampanye akhir 2016. Informasi itu terungkap dalam catatan pengadilan yang diajukan oleh Kantor Konsul Khusus Robert Mueller.

Hubungan antara Gates dan mantan pejabat intelijen itu, yang disebut sebagai “Person A” dalam catatan pengadilan, dinilai merupakan fakta sangat penting. Pasalnya, tudingan pidana atas Gates dan Manafort terkait dengan pekerjaan mereka melakukan lobi urusan Ukraina menjelang Pilpres AS 2016 tidak mendalami aktivitas mereka selama kampanye. Baca juga: Playboy Tutup Akun Resmi di Facebook.

“Fakta bahwa seorang pejabat yang berperan penting dalam kampanye Trump bersama Paul Manafort berkomunikasi dengan seseorang yang dia ketahui berhubungan dengan intelijen Rusia, merupakan fakta penting sehingga Mueller memutuskan hal itu menjadi penentu yang harus diungkap pengadilan,” ujar satu sumber yang mengetahui investigasi Mueller yang tidak mau disebutkan namanya.

“Dia berperan penting dan perannya sekarang menunjukkan apapun yang dikatakan Trump bahwa tidak ada kolusi menunjukkan penyelidikan masih sangat diperlukan dan diteruskan,” ujarnya menambahkan sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (29/3/2018).

Pemerintah Rusia membantah terlibat dalam pemenangan Trump dalam Pemilu AS 2016. Trump juga menyatakan tidak ada kolusi dalam kampanyenya. Baca juga: Data Pengguna Bocor untuk Pemenangan Trump, Facebook Mengaku Bersalah.

Gates dinyatakan bersalah bulan lalu karena berbohong kepada FBI dan terlibat konsprirasi dan berkhinat pada negara. Dia sepakat untuk bekerja sama dengan Mueller untuk mengungkap keterlibatan Rusia dalam pemilu.

Akan tetapi pihak pengacara Gates tidak merespons permintaan untuk mmberi komentar atas masalah tersebut. Sedangkan Manafort dinyatakan tidak bersalah atas sejumlah tuduhan yang diajukan kantor Mueller.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply