Pasar Beringharjo. (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja) Caption : Pasar Beringharjo. (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)
Rabu, 14 Maret 2018 19:55 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Pedagang Pasar Bringharjo Siap Buka Sampai Malam

Keinginan Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi agar Pasar Bringharjo buka sampai malam hari mendapat apresiasi dari para pedagang

Jatengpos.com, JOGJA-Keinginan Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi agar Pasar Beringharjo buka sampai malam hari mendapat apresiasi dari para pedagang. Bahkan pedagang meminta agar wacana tersebut segera direalisasikan.

“Setuju sekali kalau buka sampai malam, kan bisa menambah penghasilan,” ujar Dwi Astuti, pemilik toko tas rajut di lantai dasar Pasar Bringharjo bagian barat, saat ditemui di tokohnya, Rabu (14/3/2018).

Astuti mengaku selama ini ia membuka tokonya sejak pukul 09.00-16.00 WIB. Namun tokonya mulai ramai pembeli pada siang hingga menjelang toko tutup. Bahkan terkadang ada pembeli yang sudah menjadi langganannya memesan tas pada malam hari karena pembeli itu baru bisa ke Malioboro setelah berwisata seharian ke berbagai tempat wisata di DIY.

Tak ingin kehilangan pelanggan ia pun meminta izin pada satpam pasar untuk membukakan pintu dan mengantar wisatawan untuk membeli tas di tokonya. Astuti mengaku sebagian pembeli adalah wisatawan rombongan untuk oleh-oleh, dan ada juga yang membeli untuk dijual kembali oleh wisatawan di daerah asalnya.

Karena itu ketika ada wacana Pasar Beringharjo akan buka sampai malam hari, warga Kasongan Bantul ini menyambut baik. Astuti sudah berjualan tas rajut di Bringharjo sejak 1997 lalu saat masih menjadi buruh. Kini ia sudah memiliki toko sendiri berukuran sekitar 3×4 meter persegi. Selain toko sendiri, ia masih menyewa dua toko lainnya yang dijaga oleh dua karyawannya.

Menurut Astuti, saat ini banyak wisatawan yang ke Malioboro saat sore dan malam hari, “Mungkin siangnya wisatawan sudah jalan-jalan, malamnya baru bisa belanja oleh-oleh sebelum pulang,” ujar dia.

Senada, Chaterina Sunarsih, 45. Pemilik toko kebaya di lantai II Beringharjo bagian barat ini mengaku setuju buka sampai malam hari karena bisa menambah penghasilan. Meski demikian, jika wacana itu diterapkan ia hanya akan membuka tokonya sampai pukul 20.00 WIB atau paling malam pukul 21.00 WIB karena hanya memiliki dua karyawan.

“Kalau menambah karyawan lagi akan menambah biaya pengeluaran,” kata dia. Namun, Chaterina masih akan melihat dulu keramaian Bringharjo saat beraktifitas pada malam hari.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply