Caption : Kegiatan Pentas Seni Budaya Wisata Alam Air Terjun Sebantung dan Taman Edukasi Sebantung di Wisata air Terjun Kedung Pedut, Girimulyo Kulonprogo, Rabu (14/3/2018). (Foto istimewa)
Rabu, 14 Maret 2018 18:55 WIB Nina Atmasari/*/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

Pemda DIY Dukung Pengembangan Wisata Taman Edukasi Sebantung

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) mendukung penciptaan dan pengembangan objek wisata

Jatengpos.com, KULONPROGO– Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) mendukung penciptaan dan pengembangan objek wisata baru guna mendukung keberadaan bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo.

Kasi Objek, Daya Tarik, Tujuan Wisata Dinas Pariwisata DIY, Wardoyo mengungkapkan dinas berupaya optimal untuk mendorong sebuah potensi wisata yang dimiliki daerah di DIY agar dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata.

“Kami mendukung upaya penciptaan objek wisata agar menambah daya tarik wisata daerah,” katanya, usai kegiatan Pentas Seni Budaya Wisata Alam Air Terjun Sebantung dan Taman Edukasi Sebantung di Wisata air Terjun Kedung Pedut, Girimulyo Kulonprogo, Rabu (14/3/2018).

Pengembangan wisata ini, katanya, merupakan upaya sinergi dengan akan dibangunnya bandara NYIA di bumi Menoreh tersebut. Diharapkan dari penambahan objek wisata, akan menambah lama tinggal wisatawan (length of stay) di DIY.

Bentuk dukungan yang diberikan berupa pembangunan sarana prasarana di objek wisata, agar menambah nyaman pengunjung. Selain itu, pihaknya juga mendukung pengembangan seni budaya di kawasan wisata.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kulonprogo, Niken Probo Laras membacakan sambutan Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo yang optimistis dengan pembangunan bandara NYIA akan berdampak positif terhadap perkembangan pariwisata.

“Apalagi, di Menoreh sudah mulai dibangun dan dilalui jalur Bedah Menoreh yang sangat strategis untuk mempermudah akses wisatawan,” katanya.

Pihaknya mengapresiasi warga Dusun Kembang Desa Jatimulyo Girimulyo yang telah berupaya mendirikan objek wisata berbasis alam dengan memanfaatkan potensi yang ada.

Air terjun Kedung Pedut sudah tidak asing lagi. Lokasi yang masih asri, sejuk dan alami ini diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi, ditambah dengan taman edukasi akan memberikan nilai lebih objek wisata yakni pengetahuan keragaman hayati dan satwa.

Area Taman Sebantung dibangun untuk mewujudkan konsep wisata alam dan edukasi sebagai daya tarik bagi wisatawan terutama di kalangan pelajar. Area taman pendukung wisata ini juga dilengkapi dengan sarana-prasarana outbond, camping ground, permainan ketangkasan, wahana rapling (panjat tebing), taman bunga dan kebun buah. Adapun untuk tempat bersantai wisatawan, disediakan joglo dan gazebo.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply