ilustrasi TPS Caption : Ilustrasi (JIBI/Dok)
Rabu, 28 Maret 2018 14:15 WIB Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/SOLOPOS Klaten Share :

PILGUB JATENG 2018
Di Klaten Tiap TPS Dijaga 4 Petugas Linmas

Setiap TPS di Klaten dijaga 4 petugas Linmas.

Jatengpos.com, KLATEN–Ribuan petugas perlindungan masyarakat (Linmas) bakal membantu pengamanan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018 yang digelar pada 27 Juni mendatang. Mereka bakal berjaga mulai dari tingkat tempat pemungutan suara (TPS) hingga kabupaten.

Kepala Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Klaten, Sugeng Haryanto, mengatakan di Klaten ada 12.400 petugas Linmas. Ia memastikan belasan ribu petugas tersebut ikut mengamankan proses pencoblosan.

“Untuk di tingkat TPS nanti ada dua orang. Di luar TPS ada dua orang juga yang mengamankan,” kata Sugeng saat ditemui seusai apel Linmas di Alun-alun Klaten, Selasa (27/3/2018). (baca juga: PILGUB JATENG 2018: Jelang Pilgub, Baru 10.662 Warga Klaten Rekam Data E-KTP)

Sekretaris Satpol PP Klaten, Rabiman, menjelaskan mengatakan di tingkat kabupaten terdapat satu peleton anggota Linmas setara 31 personel. Mereka bertugas bersama 75 anggota Satpol PP mulai masa tenang atau 24 Juni hingga hari pencoblosan.

“Di tingkat kecamatan juga bersiap satu peleton atau 31 orang,” kata dia.

Di tingkat desa, petugas linmas disebar di setiap TPS. Jumlah total TPS di Klaten yakni 2.243 TPS yang tersebar di 401 desa/kelurahan. Masing-masing TPS diamankan empat petugas dengan dua orang berada di TPS dan dua orang lainnya berada di pintu masuk lokasi. Petugas Linmas di TPS itu melakukan pengamanan pada 26-27 Juni.

Soal honor petugas Linmas, Rabiman menjelaskan untuk petugas Linmas di TPS bakal mendapat honor dari bantuan provinsi. Honor itu diperuntukkan bagi petugas Linmas yang berjaga di luar TPS atau di pintu masuk.

“Nilai honor untuk dua petugas Linmas di luar masing-masing TPS itu sekitar Rp75.000/hari. Sementara, untuk petugas yang berada di dalam TPS mendapat honor yang anggarannya berasal dari KPU. Kalau anggaran honor dari pemkab tidak ada karena ini tingkatannya provinsi,” jelas dia.

Sementara itu, apel siaga Satlinmas diikuti sekitar 800 petugas Linmas. Dalam kesempatan itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan para petugas Linmas tersebut ikut membantu meminimalisasi potensi konflik saat pencoblosan.

“Harapan saya saat pencoblosan hingga perhitungan suara itu kondusif dan aman,” jelasnya.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply