Ilustrasi razia ruang pribadi warga (JIBI/Solopos/Antara/Indrianto Eko Suwarso) Caption : Ilustrasi razia ruang pribadi warga (JIBI/Solopos/Antara/Indrianto Eko Suwarso)
Selasa, 27 Maret 2018 02:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

RAZIA SEMARANG
Tim Kelurahan Bulustalan Sisir Tempat Indekos Cegah Peredaran Narkoba

Razia tempat-tempat indekos demi mencegah peredaran narkoba dilakukan tim Kelurahan Bulustalan Semarang.

Jatengpos.com, SEMARANG — Tim Kelurahan Bulustalan Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (26/3/2018), menyisir tempat-tempat indekos di wilayah setempat. Razia itu digelar demi menanggulangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kawasan perkampungan Kota Semarang ini.

Tim gabungan itu diawaki aparat kelurahan, lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan (LPMK), babinsa, bhabinkamtibmas, dan pengurus RT maupun RW. “Kami lakukan razia ini untuk mengantisipasi berbagai potensi terjadinya kejahatan yang terkadang terjadi di indekos karena tidak adanya pengawasan,” kata Lurah Bulustalan Burhan Arifin.

Menurut dia, indekos kerap kali disalahgunakan untuk tempat pesta narkoba, pergaulan bebas, dan tindak kriminal lainnya jika tidak dilakukan pengawasan dan pembinaan secara berkala. “Selain itu, untuk menciptakan kondisi yang aman dan tertib menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018. Kami harus cek indekos-indekos,” katanya.

Dalam razia tersebut, tidak ditemukan hal-hal yang dikhawatirkan, tetapi tim gabungan dari kelurahan dan kepolisian tetap memberikan pengarahan untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Ia menyebutkan banyak sekali indekos yang berada di kawasan Bulustalan, Semarang, sekitar 90 tempat indekos yang dihuni oleh sebanyak 720-an orang pendatang dari berbagai daerah.

“Jumlah warga indekos memang besar. Makanya, kami perlu mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dengan cara pengecekan semacam ini,” katanya. Burhan menegaskan razia tersebut akan terus dilakukan secara berkala, sekaligus pemberian sosialisasi dan pengawasan, termasuk melibatkan peran RT/RW untuk meningkatkan pengawasan.

Sementara itu, sejumlah penghuni indekos di Kelurahan Bulustalan, Semarang, kaget ketika didatangi oleh petugas dari kelurahan dan kepolisian yang menyambangi satu-persatu tempat indekost Seperti diungkapkan Sari (25), mahasiswi salah satu sekolah keperawatan di Semarang, yang mengaku kaget ketika diminta menunjukkan data diri dan identitas, seperti kartu tanda penduduk (KTP).

“Ternyata, pengecekan keamanan menjelang Pilgub. Lega, saya kira tadi razia apa. Datangnya rame-rame, tetapi setelah diberikan penjelasan baru paham. Penting memang pengecekan kayak gini,” katanya. Selain mengecek aktivitas penghuni indekos, Sari mengatakan para penghuni indekos diberikan pengarahan untuk tidak melakukan perbuatan menyimpang, seperti penyalahgunaan narkoba, minuman beralkohol, maupun pergaulan bebas.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply