Caption : Choirul Huda saat ditangani tim medis. (JIBI/Solopos/Antara Foto)
Selasa, 27 Maret 2018 10:15 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/SOLOPOS Internasional Share :

Selain Skrtel, Inilah Tujuh Pesepak Bola yang Pernah Mengalami Lidah Tertelan

Sejumlah pemain sempat mengalami kasus lidah tertelan.

Jatengpos.com, BANGKOK-Kasus lidah tertelan (tongue swallowing) yang dialami Martin Skrtel bukan kali pertama terjadi di jagat sepak bola modern. Dalam kurun 10 tahun sedikitnya tujuh enam insiden serupa yang melibatkan pesepakbola nasional maupun internasional. Hanya Choirul Huda yang nyawanya tak tertolong menyusul lambatnya penanganan tim medis. Enam insiden lain tidak berakhir tragedi karena penanganan cepat dari rekan maupun tim medis. Berikut sejumlah insiden lidah tertelan yang sempat mengemuka. (baca juga: Choirul Huda Masuk Daftar Pemain Paling Loyal Sedunia)

  1. Oleg Gusev (Dinamo Kiev)

Gusev harus berterima kasih pada Jaba Kankava, pemain Dnipro Dnipropetrovsk, yang menyelamatkan nyawanya saat laga liga Ukraina empat tahun lalu. Saat itu lidah Gusev tertelan setelah berbenturan dengan kiper Dnipro, Denys Boyko, sehingga menyumbat aliran pernapasan. Saat itu Kankava langsung memasukkan jarinya ke tenggorokan Gusev hingga jarinya sempat tergigit keras oleh Gusev. Beruntung nyawa Gusev terselamatkan setelah itu.

  1. John Terry (Chelsea)

Nyawa John Terry ternyata sempat terancam saat lidahnya tertelan di final Piala Liga melawan Arsenal pada 2007. Kepala Terry tidak sengaja tertendang Abou Diaby yang membuatnya sempat tak sadarkan diri. Dia berhasil diselamatkan berkat penanganan tim medis yang cepat dan responsif.

  1. Jawazi (Al Ahli)

Tak hanya karena benturan, insiden lidah tertelan juga pernah terjadi karena ulah pemain sendiri. Jawazi, pemain Al Ahli (Arab Saudi) pernah mengalami setelah dia meludah. Dia merasa tersedak dan sempat terkapar di lapangan. Nyawanya berhasil diselamatkan tim medis.

  1. Martin Berkovec (Bohemians)

Dalam sebuah laga Liga Utama Republik Cheska antara Bohemians melawan Slovacko awal 2017, kiper Bohemians, Martin Berkovec, tak sadarkan diri setelah berbenturan dengan rekannya sendiri. Beruntung striker Slovacko, Francis Kone, memberi pertolongan pertama buat sang kiper. Kone ternyata pernah melakukan hal yang sama sebanyak empat kali sebelum insiden itu.

  1. Fernando Torres (Atletico Madrid)

Laga Liga Primera antara Atletico Madrid dan Deportivo La Coruna mungkin akan menjadi salah satu momen yang bakal dikenang Fernando Torres sepanjang hidupnya. Di laga itu, dia sempat tak sadarkan diri setelah bertabrakan dengan Alex Bergantinos hingga jatuh dengan kepala terlebih dulu. Beruntung rekannya, Gabi dan Sime Vrsaljko, segera menarik lidah Torres agar sang pemain tetap bisa bernapas.

  1. Choirul Huda (Persela Lamongan)

Insiden Huda bisa dibilang amat disayangkan karena tim medis terlambat memberi pertolongan pertama untuk sang pemain. Huda akhirnya meregang nyawa dengan diagnosis hipoksia (kekuarangan oksigen) setelah sempat bertabrakan dengan Ramon Rodriguez (Semen Padang) hingga lidahnya sempat tertelan.

  1. Aji Saka (Persegres Gresik)

Kiper Persegres, Aji Saka, sempat tak sadarkan diri setelah membentur tiang gawang saat laga melawan Arema FC. Bernutung saat itu pemain dari kedua klub segera membantu Aji Saka, salah satunya membuka mulutnya agar dia dapat bernapas.

Sumber: diolah dari berbagai sumber (cha)

 

 

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply