Caption : Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/dok)
Rabu, 14 Maret 2018 17:05 WIB JIB/Solopos/Antara Madiun Share :

SMS Gateway, Cara Mudah Urus Dokumen Kependudukan di Trenggalek

Dispendukcapil Trenggalek memberikan layanan SMS Gateway.

Jatengpos.com, TRENGGALEK — Warga Kabupaten Trenggalek kini bisa mengakses layanan SMS Gateway untuk mendapatkan informasi terkait penerbitan dokumen kependudukan. Layanan tersebut diluncurkan sejak pertengahan November 2017.

“Untuk program SMS Gateway ini Dispendukcapil menyediakan dua nomor layanan, yaitu 081559595758 dan 085859595758,” kata Pelaksana Tugas Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin, Senin (12/3/2018), di Trenggalek.

Arifin mengaku telah beberapa kali meninjau layanan kependudukan di Dispendukcapil Trenggalek. Hasilnya, ia mengaku cukup puas karena antrean pencari data kependudukan, khususnya KTP elektronik tidak lagi panjang seperti sebelumnya. Berkat SMS Gateway, warga pencari dokumen kependudukan sehingga tidak harus mondar-mandir ke Dispendukcapil

“Sistemnya dari pusat untuk mengirimkan data memang sedikit lama. Jadi kalau mereka mau ninggal ya harus dapat surat keterangan. Itu sekarang kami sudah sediakan SMS Gateway,” katanya.

Arifin juga aktif mengunggah kegiatannya ke media sosial Instagram dan Facebook.

“Nanti ini juga mau saya share di Instagram saya. Di website pemkab sehingga masyarakat biar tahu. Tolong bantu disebarin nanti, saya minta warganet bantu disebarin. Bantu di-repost, jadi biar masyarakat tahu yang sekarang pegang surat keterangan yang berlakunya enam bulan biar tidak bolak-balik ke Dispendukcapil,” katanya.

Kepala Dinas Dukcapil Trenggalek Ekanto Malipurbowo mengatakan munculnya inovasi SMSSgateway dilatarbelakangi kondisi wilayah dan topografi Kabupaten Trenggalek serta jarak yang harus dijangkau masyarakat dari daerah pelosok menuju pusat kota.

Menurutnya, demografi masyarakat Trenggalek yang sebagian tersebar di daerah-daerah pedalaman dan sulit akses ke kota menjadi tidak efektif untuk pengurusan identitas kependudukan yang tidak bisa langsung jadi.

“Munculnya inovasi SMS Gateway ini karena masyarakat selama ini ditempatkan pada topografi yang begitu membuat rumitnya jangkauan, sehingga tidak perlu bolak-balik. Karena bolak-balik ini nanti juga perlu transportasi biaya dan lain-lain,” kata Ekanto.

Dengan pemberitahuan yang dikirim melalui SMS Gateway itu, warga pencari dokumen kependudukan kini tinggal menunggu kabar.

Begitu sudah menerima pemberitahuan KTP/identitas kependudukan sudah bisa diambil dari SMS yang dikirim admin/operator, warga bisa langsung datang ke Dispendukcapil untuk mengambilnya.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply