Caption : ilustrasi tiket kereta api (JIBI/dok)
Rabu, 14 Maret 2018 00:35 WIB Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos Ekonomi Share :

Tiket KA Bisnis Jakarta-Solo H-5 dan H-4 Lebaran 2018 Ludes Dipesan

Tiket KA reguler kelas bisnis jurusan Jakarta-Solo untuk H-5 dan H-4 Lebaran 2018 sudah habis dipesan.

Jatengpos.com, SOLO — Tiket kereta api reguler Senja Utama kelas bisnis jurusan Jakarta-Solo sudah habis dipesan untuk perjalanan mudik H-5 dan H-4 Lebaran, Juni mendatang.

“Hari ini [kemarin] mulai ramai. Hari ini adalah jadwal untuk pemesanan tiket mudik Lebaran untuk H-4. Yang kereta bisnis Senja Utama jurusan Pasar Senen-Solo Balapan sampai siang ini sudah sold out. Sebanyak 512 kursi langsung habis terjual. Yang H-5 Lebaran, tiketnya kami jual kemarin [Senin,12/3/2018], juga sama, sudah habis,” kata Kepala Stasiun Solo Balapan, Nuruddin, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Selasa (13/3/2018).

Untuk kereta kelas eksekutif H-4 Lebaran juga sudah terjual lebih dari 90%. Kereta Bima rute Gambir-Malang hingga Selasa siang hanya tersisa 3 kursi dari 450 kursi kapasitas kereta eksekutif. Kereta Gajayana rute Gambir-Malang juga tinggal 8 kursi. (Baca juga: Tiket KA Lebaran 2018 Mulai Dijual)

Argolawu rute Gambir-Solo Balapan tersisa hanya 8 kursi, sedangkan Argodwipangga Gambir-Solo Balapan masih tersedia relatif banyak, yakni 117 kursi.

Mengacu data penjualan tiket kereta api untuk periode perjalanan mudik Lebaran, diperkirakan pemudik dari Jakarta bakal mulai berdatangan pada H-6 Lebaran. “Kebetulan tiket untuk semua kereta eksekutif pada H-6 Lebaran atau 9 Juni sudah habis semua. Untuk H-5 Lebaran atau 10 Juni hanya tersisa Argolawu rute Gambir-Solo yang sampai siang ini tinggal tersisa tiga kursi.”

Dia memprediksi penjualan tiket kereta untuk H-3 hingga H-1 Lebaran, yang mulai dijual hari ini, akan menunjukkan tren yang sama, yakni berpotensi langsung sold out karena periode tersebut merupakan puncak arus mudik. Untuk H-7 Lebaran atau 8 Juni perjalanan kereta api eksekutif jadwal perjalanan malam paling banyak diburu.

Kebetulan 8 Juni adalah hari Jumat di mana sebagian orang masih masuk kerja sebelum libur panjang Lebaran. Oleh karena itu, kereta Argodwipangga rute Gambir-Solo jadwal keberangkatan dari Jakarta pukul 08.00 WIB masih tersedia 360-an kursi. “Yang perjalanan pagi masih cukup banyak. Lainnya sudah habis.”

Harga tiket kereta api untuk perjalanan mudik Lebaran tahun ini masih relatif sama dengan harga tiket kereta api tahun lalu. Harga batas bawah kereta eksekutif senilai Rp380.000/tiket sedangkan batas atasnya Rp600.000/tiket. Sedangkan untuk kereta kelas bisnis Senja Utama misalnya, tarif batas bawahnya Rp275.000/tiket dan tarif batas atasnya Rp300.000/tiket.

Kepala Sub Urusan Pelayanan Komersial Stasiun Solo Balapan, Budi Arifin, menambahkan kapasitas kereta itu masih bisa bertambah khususnya untuk tiket-tiket infund yakni penumpang di bawah usia 3 tahun dengan tarif Rp0. “Bagi calon pemudik yang belum mendapatkan tiket mudik Lebaran dengan perjalanan KA reguler, PT KAI sudah mempersiapkan perjalanan KA tambahan. Namun tiket untuk kereta tambahan itu baru dijual H-60 sebelum perjalanan,” kata Arifin, sapaanya.

Seperti diketahui, untuk perjalanan mudik Lebaran, PT KAI mempersiapkan sembilan kereta tambahan yang akan melayani pemudik yang melintasi Daop VI/Yogyakarta.

 

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply