Ilustrasi (newwomanindia.com) Caption : Ilustrasi (newwomanindia.com)
Kamis, 15 Maret 2018 05:00 WIB Mahardini Nur Afifah/JIBI/Solopos Relation Share :

TIPS BERCINTA
Aturan Main Menjalin Asmara dengan Rekan di Kantor

Tips bercinta, berikut aturan main menjalin hubungan spesial dengan rekan satu kantor.

Jatengpos.com, SOLO — Berawal dari saling menatap saat di kantin kantor, hubungan dua sejoli yang bekerja di satu perusahaan bisa berakhir di pelaminan. Walaupun sejumlah rekan kerja maupun teman dekat meragukan, namun nyatanya kisah asmara pasangan sekantor banyak yang berhasil.

Sebuah studi yang dilansir Dailymail baru-baru ini menyebut alasan sekitar 2.000 responden dewasa pernah menjalin asmara di kantor lantaran bisa sama-sama berbagi stres, beban, dan jam kerja di tempat kerja.

Dari studi tersebut, 14% di antara responden berhasil melanjutkan hubungan ke jalur pernikahan. Persentase tersebut lebih besar ketimbang pasangan menikah hasil mak comblang teman atau kerabatnya yang hanya 11% di antaranya.

Survei lain yang dilakukan CareerBuilder tahun 2017 lalu mengungkapkan hampir 40% karyawan pernah memiliki hubungan romantis dengan rekan kerja. Nyaris sepertiga di antaranya berhasil mempertahankan hubungan sampai ke pelaminan.

Beberapa waktu lalu, Business Insider mengulas rumitnya hubungan cinta di tempat kerja. Banyak pakar karier tidak menyarankannya. Alasannya jelas, rentan mengganggu pekerjaan dan mempengaruhi reputasi karier yang bersangkutan.

Namun nyatanya, banyak yang sulit mengelak saat cinta sudah berbicara. Berikut ini beberapa aturan untuk meminimalkan persoalan saat menjalin asmara di tempat kerja.

1. Jalani perlahan
Pakar karier Lynn Taylor menyarankan pasangan yang menjalin asmara di kantor tidak terburu-buru mengambil keputusan lebih serius seperti bertunangan atau menikah. Terkadang orang berlaku lain saat di tempat kerja atau di kehidupan pribadi. Sebelum berisiko menjadi bahan obrolan di kantor, cari tahu dan pastikan si dia benar-benar orang tepat yang bakal Anda ajak berbagi hidup.

2. Tak perlu gembar-gembor
Taylor menyarankan agar pasangan berhati-hati go-public di kantor. Pasalnya, tidak semua rekan kerja legawa dengan hubungan kalian. Ada juga yang bersikap cemburu dan tidak peduli. Ketika pasangan sudah sama-sama yakin, itulah saat tepat untuk mengungkapkan hubungan. Itupun kalau ada yang bertanya. Ketika tidak ada yang bertanya-tanya, tidak perlu gembar-gembor juga.

3. Jaga profesionalisme
Pasangan perlu membuat kesepakatan bersama untuk tetap profesional di tempat kerja. Misalkan bagaimana jika salah satunya bersikap saat mendapat teguran dari atasan, bagaimana menghadapi gosip, dan sebagainya. Lebih baik tetap menjaga jarak dan berlaku canggung di kantor ketimbang pasangan sama-sama dicap melanggar etiket kerja.

4. Jangan biarkan pertikaian memengaruhi pekerjaan
Ini mungkin aturan paling sulit diikuti. Apa pun yang kita alami di kehidupan pribadi pasti memengaruhi pekerjaan kita. Namun yang paling penting, jangan biarkan pertikaian Anda dengan pasangan memengaruhi keputusan penting di tempat kerja.

5. Tetap fokus pada pekerjaan
Luangkan waktu untuk fokus seolah-olah kita sedang tidak kencan dengan teman kerja. Jangan terlalu lama terjebak dalam percakapan panjang saat jam kerja, berbalas e-mail, chatting, makan siang, atau urusan pribadi dengan pasangan saat kita sedang mengerjakan proyek atau mempersiapkan rapat.

6. Kenali aturan main
Akhir tahun 2017 lalu Mahkamah Konstitusi (MK) menyetujui aturan formal karyawan boleh menikah dengan teman sekantor tanpa harus ada yang mengundurkan diri lebih dulu. Namun tak ada salahnya juga memeriksa buku pegangan perusahaan untuk mengetahui detail kebijakan tersebut. Bahkan jika tidak ada kebijakan eksplisit yang menentangnya, cari tahu sikap manajemen terhadap romansa di kantor. Jika sudah menjadi kelaziman di tempat kerja Anda, bagus. Kalau tidak, mungkin hubungan kalian perlu dipertimbangkan.

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply