Caption :
Selasa, 18 September 2018 17:35 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Penerimaan CPNS 2018 Dibuka, Ini Kuota yang Dibutuhkan Jateng

Jatengpos.com, SEMARANG — Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akan dibuka pada Rabu (19/8/2018). Total ada sekitar 238.015 CPNS yang tersedia dalam proses penerimaan tersebut.

Dari 238.015 lowongan CPNS yang disediakan, sekitar 1.926 di antaranya diperuntukkan untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng, Mohamad Arief Irwanto, mengatakan kuota 1.926 CPNS untuk Jateng itu sesuai dengan keputusan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB).

“Sebenarnya usulan kami untuk penerimaan CPNS 2018 sekitar 4.600 orang. Tapi, hanya 1.926 orang yang disetujui oleh Menteri PAN-RB,” tutur Arief saat dihubungi Jatengpos.com, Senin (17/9/2018).

Arief menyebutkan dari 1.926 lowongan CPNS yang dibuka, sekitar 50% diperuntukan bagi tenaga pendidikan. Sementara, 30% di antaranya untuk formasi tenaga kesehatan.

“Sedangkan sisanya untuk formasi yang lain, seperti tenaga infrastruktur di [dinas] bina marga, PSDA, dan permukiman,” tutur Arief.

Arief menambahkan, jumlah 1.926 CPNS yang dibutuhkan itu hanya diperuntukan untuk Pemprov Jateng. Sementara untuk lowongan CPNS di tingkat kabupaten maupun kota di Jateng diserahkan masing-masing ke pemerintahan setempat.

“Untuk penerimaan CPNS di tingkat kabupaten dan kota diserahkan masing-masing ke bupati dan walikota. Mereka yang tahu berapa kebutuhan di masing-masing daerahnya,” imbuh Arief.

Arief berharap kuota 1.926 CPNS baru ini mampu menutupi kebutuhan PNS di Pemprov Jateng. Terlebih lagi tahun ini ada sekitar 1.682 PNS di jajaran Pemprov Jateng yang mengalami purnajabatan alias pensiun.

Arief juga menegaskan tidak ada prioritas dalam penerimaan CPNS tahun 2018 ini. Dengan kata lain, semua pendaftar akan mendapat peluang yang sama untuk menjalani proses penerimaan, meski pun selama ini telah berstatus sebagai tenaga honorer.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Bima Hari Wibisana, selaku Ketua Pelaksana Seleksi Nasional CPNS melalui siaran pers yang diterima Jatengpos.com, menyebutkan sistem n bahwa sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terintegrasi melalui situs http://sscn.bkn.go.id.

Proses seleksi akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN) baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Sedangkan tes seleksi CPNS 2018 akan digelar di 176 lokasi yang terdiri dari Kantor BKN Pusat, 14 Kantor Regional BKN dan 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN di seluruh wilayah Indonesia, fasilitas mandiri dan kerja sama dengan pemerintah daerah.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Iklan Baris

    No items.


    Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/dotcom/www/jatengpos/elements/themes/jatengpos/widget-cespleng-600.php on line 32

Leave a Reply